Header Repository Gunadarma

Repository Universitas Gunadarma >
Published Article >
Published Article Komputer >

Please use this identifier to cite or link to this item: http://hdl.handle.net/123456789/3041

Title: Karakteristik Produk Yang Sesuai Dipasarkan Melalui Internet Di Indonesia
Authors: Sularto, Lana
Keywords: karakteristik produk
pemasaran melalui internet
perilaku konsumen
Issue Date: 29-Jan- 8
Publisher: Universitas Gunadarma
Series/Report no.: Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008);89
Abstract: Internet memiliki banyak kelebihan dibanding media lainnya untuk berbagai tujuan pemasaran. Indonesia termasuk negara yang masih kurang memanfaatkan Internet sebagai media pemasaran dibandingkan media lainnya, hal ini disebabkan selain karena masih rendahnya tingkat penggunaan Internet, juga masih terbatasnya penelitian tentang pemasaran yang menggunakan media internet. Hasil penelitian pemasaran melalui internet akan mampu memberi arahan tentang bagaimana model atau metode pemasaran melalui internet yang paling tepat untuk dilakukan di Indonesia. Model atau metode pemasaran hanya akan bisa diperoleh dengan terlebih dahulu mempelajari tentang bagaimana perilaku konsumen khususnya perilaku para pengguna internet. Demografi, sosial dan perubahan teknologi mempengaruhi gaya hidup konsumen, nilai dan kepercayaan. Perubahan dramatis dalam bidang teknologi telah merubah cara hidup konsumen, cara belanja, dan berinteraksi dengan yang lainnya. Dengan lebih memperhatikan pada perilaku konsumen saat ini, maka berbagai institusi dapat memprediksikan kecenderungan di masa depan. Pengetahuan tentang kondisi dan perilaku target/potensial klien/pengguna menjadi sangat penting agar kita menggunakan teknik dan strategi yang paling jitu untuk penetrasi kedalam komunitas massa yang kita tuju, dalam hal ini para pengguna Internet khususnya di Indonesia. Secara khusus penulis sangat ingin memahami perilaku pengguna Internet khususnya dalam hal pencarian produk di wilayah Jakarta, Bogor, Depok,Tangerang dan Bekasi yang merupakan wilayah dengan jumlah pemakai Internet terbesar di Indonesia. Dengan masih terbatasnya penelitian mengenai perilaku pengguna Internet di Indonesia, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai karakteristik produk yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet di Indonesia. Jumlah responden penelitian adalah sebanyak 340 orang yang dipilih secara acak dan diberikan pertanyaan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik produk yang paling sesuai untuk dipasarkan melalui media internet adalah : produk elektronik, produk yang terkait secara langsung dengan internet, produk otomotif dan surat kabar. Temuan ini diharapkan akan menjadi pertimbangan bagi para pemasar dalam usaha memasarkan produknya melalui media Internet.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/3041
ISSN: 1411-6286
Appears in Collections:Published Article Komputer

Files in This Item:

File Description SizeFormat
89.pdf90.31 kBAdobe PDFView/Open

Items in Repository are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

 

Valid XHTML 1.0! Repository Software Copyright © 2002-2010  Duraspace - Feedback