Header Repository Gunadarma

Repository Universitas Gunadarma >
E-Book >
E-Book Ekonomi >

Please use this identifier to cite or link to this item: http://hdl.handle.net/123456789/7033

Title: Citra Negara Asal (Country of Origin) dan Word of Mouth dalam Pembentukan Ekuitas Merek Mobil di Indonesia, serta Implikasinya pada Customer Share
Authors: Murtiasih, Sri
Keywords: citra negara asal
word of mouth
Issue Date: Aug-2012
Publisher: Gunadarma
Series/Report no.: ;Edisi Pertama
Abstract: Persaingan yang ketat dalam era globalisasi menuntut perusahaan untuk mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Kemudahan mengingat suatu merek dapat mencegah konsumen berpindah ke merek pesaing lain. Salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam membentuk hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan konsumen adalah membangun dan mengelola ekuitas merek secara tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh citra negara asal suatu merek mobil dan word of mouth terhadap pembentukan ekuitas merek, serta implikasinya pada customer share. Data citra negara asal, Word of Mouth, ekuitas merek, dan customer share dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner. Responden penelitian adalah pelanggan mobil di wilayah Bogor Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Penyebaran kuesioner dilakukan dengan dua cara, yakni secara langsung, dan melalui email dengan lampiran. Hipotesis penelitian diuji menggunakan model persamaan struktural. Hasil analisis menunjukkan bahwa citra negara asal suatu merek mobil memengaruhi kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Citra negara asal memberikan kontribusi pengaruh yang paling besar pada kesadaran merek. Word of mouth memengaruhi kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Word of mouth memberikan kontribusi pengaruh yang paling besar pada persepsi kualitas. Citra negara asal dan Word of mouth memengaruhi ekuitas merek melalui kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Word of mouth memberikan kontribusi pengaruh tak langsung pada ekuitas merek yang lebih besar dibandingkan pengaruh citra negara asal pada ekuitas merek. Loyalitas merek memberikan pengaruh paling besar pada ekuitas merek dibandingkan dengan asosiasi merek, persepsi kualitas, dan kesadaran merek. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa ekuitas merek memengaruhi customer share, serta loyalitas merek secara positif memengaruhi secara langsung customer share.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/7033
ISBN: 978-602-9438-16-1
Appears in Collections:E-Book Ekonomi

Files in This Item:

File Description SizeFormat
citra negara asal copy-1.jpgCover1.8 MBJPEGView/Open
Hal judul COO-Murti.pdfJudul65.85 kBAdobe PDFView/Open
daftar isi.pdfAbstrak104.9 kBAdobe PDFView/Open

Items in Repository are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

 

Valid XHTML 1.0! Repository Software Copyright © 2002-2010  Duraspace - Feedback